Program






Belajar Musik Sejak Dini, Kenapa Tidak?

Rona bahagia tampak jelas terpancar di wajah Veronica (37). Baginya, sebuah kebanggaan tersendiri melihat anak semata wayangnya Adrian (7), memainkan piano mengiringi teman-temannya dalam acara pentas seni sekolah. Meski usianya masih terbilang belia, jari-jemari Adrian sudah lincah menari di atas tuts piano. "Tidak sia-sia ia mengikutkan Adrian kursus musik sejak usia 4 tahun," papar Veronica.

Veronica adalah contoh dari sekian banyak orangtua yang mengikutsertakan anaknya untuk belajar musik. Meski bukan seorang penggemar musik, tetapi Veronica yang merupakan tipikal orangtua masa kini yang banyak membaca manfaat musik bagi tumbuh kembang anak. Itu sebabnya, ibu muda ini mengarahkan Adrian, sang putra, untuk belajar musik. Kini, Adrian menjadi andalan jika sekolahnya mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan pentas seni.

"Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mempelajari musik dapat membantu anak untuk mempelajari bidang-bidang lain, serta meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan anak pada bidang lain. Itu artinya, musik sangat erat kaitannya dengan perkembangan intelegensia anak," terang Tatiana Esti Astuti, Direktur sekaligus pemilik IONs International Education, sebuah lembaga pendidikan berkualitas di Jogjakarta.

Kenali potensi diri dengan bermusik

Berawal dari alasan itulah, IONs International Education yang menempati sebuah gedung megah di Jalan C. Simanjuntak No. 50, Terban, Jogjakarta ini menghadirkan Modern KAWAI Musik. Tatiana menjelaskan tujuan menghadirkan KAWAI antara lain, menjadikan sekolah musik ini sebagai salah satu wadah pendidikan musik yang mampu menumbuhkembangkan potensi sumber daya manusia Indonesia. KAWAI juga ingin menjadi media pembelajaran musik klasik yang benar, teratur, terarah, yang ditopang oleh kurikulum dan guru yang berstandar internasional. Selain itu menjadikan musik sebagai media pengembangan pribadi termasuk mereka yang berkebutuhan khusus.

"Harapannya, KAWAI dapat melahirkan murid yang berpikir kreatif dan berketerampilan di dunia musik sehingga mampu terlibat di kancah musik nasional dan internasional. Oleh karena itu KAWAI berperan secara aktif dalam membangun masyarakat melalui pendidikan musik," jelas Tatiana.

Sekadar informasi, KAWAI Musik merupakan sekolah musik yang didirikan di Jepang pada tahun 1956 dan terus-menerus dikembangkan dan berprestasi selama lebih dari 50 tahun. Di Indonesia, KAWAI Musik atau lebih dikenal dengan Sekolah Musik Modern Kawai didirikan di Jakarta oleh Yayasan Modern Kawai Indonesia pada Januari 1999. Membuka kelas anak mulai usia 4 tahun hingga dewasa. Kehadirannya disambut antusias sehingga tak butuh waktu lama, sekolah musik ini langsung mendapat tempat di hati masyarakat.

Karena berdiri di Jepang, tak heran jika sistem pendidikan di Kawai sangat sistematis. KAWAI juga menyesuaikan sistem pendidikan musik yang tepat dan sesuai dengan usia siswa. Biasanya, kursus dimulai dengan berkelompok atau grup untuk usia anak empat tahun hingga enam tahun sebagai dasar belajar musik. Murid yang menyelesaikan kursus grup dapat meneruskan dengan kursus private sesuai pilihan instrumennya, seperti piano, keyboard, drum, violin, atau gitar. Dengan demikian, anak akan belajar lebih detil mengenai instrumen yang dipilihnya dan terus meningkatkan kemampuan bermain alat musik tersebut.

"KAWAI memiliki metode pendidikan tersendiri dalam mengajar para siswa. Kurikulum dibuat menyenangkan, mudah dan cepat dipelajari sehingga siswa yang belajar dapat termotivasi dengan baik. Kami juga menerapkan konsep Personal Touch yaitu konsep pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada murid agar belajar musik lebih menyenangkan. Mencoba mengerti apa yang diinginkan murid dan apa tujuan mereka mempelajari musik sehingga selain mendapatkan ilmu melalui KAWAI, seluruh murid mampu berlatih sendiri dan sukses tanpa dipaksakan. Durasi pertemuan 45 menit per sesi adalah waktu yang ideal untuk belajar. Tentunya, dalam setiap pertemuan guru akan mengevaluasi pelajaran sebelumnya, memberikan teknik baru, lagu baru untuk dilatih dalam minggu berjalan, membahas tentang teori musik serta berlatih hearing," demikian Tatiana memaparkan.

Jadikan Musik sebagai bekal masa depan

Menurut Tatiana, banyak poin plus yang akan diperoleh para murid KAWAI Music School. Selain berlisensi KAWAI Japan, sudah pasti siswa juga akan mendapat sertifikat KAWAI Japan. Siswa juga akan mendapat kurikulum dan buku lengkap, ujian kenaikan grade, ruang belajar nyaman, yang ditunjang ruang auditorium. Tempat di mana siswa menampilkan apa yang sudah dipelajari di depan publik serta adanya kesempatan untuk tampil dalam konser internal KAWAI maupun eksternal seperti tampil di suatu acara atau konser di mall.

Tatiana juga menyebutkan beberapa instrumen yang diajarkan, yakni kelas KAWAI Basic Music untuk anak usia 4 - 6 tahun, kelas piano untuk anak usia 6 tahun hingga dewasa, kelas gitar, kelas drum, kelas bass dan electric, kelas vocal, kelas biola, kelas keyboard dan kelas khusus yang biasa disebut dengan Kelas Intervensi Musik. Saat ini ada pilihan kelas intervensi piano atau keyboard dan kelas intervensi drum.

"Semua kelas tersebut, terdiri dari empat kali pertemuan dalam sebulan. Setiap pertemuan terdiri dari 45 menit. Untuk biaya kursus, calon peserta bisa langsung menghubungi Customer Relation Officer (CRO) kami di 0274 - 582992," lanjut Tatiana.

Lantas bagaimana dengan staf pengajarnya? Lisensi internasional pasti selalu menjamin kualitas staf pengajarnya. Tatiana mengatakan, bahwa para pengajar harus melalui test terlebih dahulu. Dimulai dari berkas sertifikat yang sudah didapatkannya (ada kriteria tertentu untuk menjadi pengajar, harus memiliki sertifikat bahwa ia pernah belajar musik baik di sekolah tinggi musik ataupun lembaga kursus). Setelah itu melalui tes audisi dengan membawakan karya-karya komponis yang ditentukan. Kemudian, tes kemampuan teori musik dan interview untuk melihat sisi kepribadiannya. Dengan serangkaian tes ini, tentunya para pengajar adalah individu yang memiliki kualitas yang baik. Pada saat pengajar sudah aktif mengajar, pihak Modern KAWAI Musik pun tetap memantau sehingga diketahui sejauh mana kemampuan pribadinya.

"Saya pribadi melihat sudah semakin baik pola pikir orangtua yang kian sadar untuk menyekolahkan anaknya di sekolah musik. Selain sebagai soft skill, musik juga sangat baik untuk mengasah otak anak. Adanya trial class di Modern KAWAI Musik selama 20 menit sangat membantu. Namun, guru juga harus lebih bisa menjelaskan mengenai fungsi dari masing-masing instrumen, sehingga orangtua semakin yakin untuk bergabung dengan KAWAI. Keunggulan lain dari sekolah musik yang kami bina ini adalah satu-satunya sekolah musik yang bisa menerima siswa berkebutuhan khusus yang bisa mengajar siswa berkebutuhan khusus lebih di-training lagi," urainya.

Tatiana menilai pasar pendidikan musik di Yogyakarta masih terbuka lebar dan akan terus berkembang. Terlebih lagi, pihaknya masih terus melakukan proses untuk menciptakan market Indonesia, khususnya Yogyakarta bagi pendidikan kursus musik untuk orang dewasa.



Intervensi Music

Kelas privat ini dipioritaskan bagi anak-anak kebutuhan khusu (special needs). Materi pembelajarannya dikemas sebuah metode khusus.

Setiap siswa diharapkan mampu bertumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dari segi motorik, konsentrasi, sikap, perilaku serta penguasaan diri, sehingga anak dapat menjadi pribadi yang mandiri, bahkan mampu berkarya melalui ketrampilan khusu dibidang seni musik.

Dengan menggunakan beberapa metode seperti mendengar, bernyayi, gerak dan lagu, mengenal rhythm, memainkan musik seperti perkusi, piano, dll. Anak-anak akan merasa gembira dan berekspresi. Selain itu staff pengajar juga melakukan pendekatan yang berbeda-beda dan memberikan materi yang disesuaikan dengan kemampuan kognitif tiap individu.

Para tenaga pengajar didampingi oleh orthopedagog dalam memantau perkembangan tiap siswa.

Khusus untuk program ini, tidak ditetapkan batasan waktu dan tingkatan. Siswa pun tidak harus mengikuti ujian seperti program lainnya. Yang dilakukan hanya evaluasi di akhir tahun. Para siswa yang memiliki kemampuan tinggi tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti program reguler atau try-out untuk ujian umum. Selain itu, seluruh siswa IMMK (Intervensi Music Modern Kawai) yang telah memiliki kriteria yang diteyapkan akan diikutsertakan dalam konser siswa, festival khusus intervensi (special needs) dan gathering yang diadakan secara periodik.

Kawai Guitar

Metode pembelajaran yang diterapkan lebih cepat dan sistematis, proses pengajaran dengan bermain secara solo maupun ensemble memainkan karya-karya sang maestro ternama dunia.

Secara berkala diselenggarakan kompetisi master class, resital baik di dalam maupun luar sekolah untuk menambah dan melatih siswa dalam bermusik.

Materi yang dilengkapi dengan Minus One, buku-buku dan lagu-lagu lebih mudah untuk dipelajari siswa pemula maupun mahir.

Materi Pembelajaran Gitar Elektrik :
1. Lead Play
2. Scale Pattern/Chord
3. Arpeggio/Stroke
4. Scale
5. Rhytms
6. Improvisasion
7. Performance Technique

Materi Pembelajaran Gitar Akustik :
1. Notation
2. Scale & Chord Progression
3. Arpeggio & Slur
4. Tremolo
5. Bass String
6. Performance

Materi Pembelajaran Gitar Bass :
1. Scale
2. Bass
3. Pattern
4. Fill In
5. Repertoire
6. Harmonization
7. Tapping
8. Performance Technique

Kawai Piano Classic

Program ini diadakan dalam bentuk kelas privat dengan durasi selama 45 menit / pertemuan.

Kelas Piano klasik dapat dipelajari oleh berbagai macam usia, mulai tingkat dasar hingga mahir dengan kurikulum, materi dan sertifikat internasional Kawai Jepang.

Dengan materi lagu yang telah dikenal dan menarik yaitu : lagu klasik dari jaman barok, klasik, romantik dan modern serta teori musik yang diberikan bersamaan dengan praktek musiknya.

Materi Pembelajaran Piano Classic :

1. Scale & Broken Chord

2. Fingering & Pedals Technique

3. Accompaniment

4. Repertoire & Etudes

5. Sight Reading & Sight Playing

6. Aural Test

7. Kawai Piano Method

8. Music Theory

9. Performance


Materi Pembelajaran Drum Class :

1. Stick Control

2. Beats

3. Repertoire

4. Drum Rudiment

5. Fill in Express

6. Performance Technique

Kawai Violin

Metode belajar yang diterapkan lebih cepat dan sistematis disertai dengan teknik bermain biola yang benar dan menyenangkan.

Proses pengajaran dengan bermain secara solo maupun ensamble dengan memainkan karya sang maestro.

Secara berkala diselenggarakan kompetisi, master class maupun resital, baik di dalam maupun di luar sekolah untuk menambah dan melatih kemampuan dalam bermain musik.

Materi dilengkapi dengan buku-buku, CD minus one serta lagu-lagu terkenal yang mudah untuk dipelajari baik untuk para pemula maupun yang telah mahir.

Kawai Drum Class

Program tersedia mulai tingkat dasar hingga mahir dalam kela privat dari anak-anak sampai dewasa.

Materi pembelajaran dilengkapi CD minus one dan fasilitas drum yang lengkap dengan duble pedals.

Teknik bermain mulai dari pemula hingga mahir disertai pengenalan karakteristik drum, berbagai irama beat, grove modern, teori musik dan jenis perkusi lainnya.

Secara berkala dilaksanakan ujian kenaikan tingkat, master class, konser baik di dalam maupun luar sekolah.

Materi Pembelajaran Drum Class :

1. Stick Control

2. Beats

3. Repertoire

4. Drum Rudiment

5. Fill in Express

6. Performance Technique 

Kawai Fun Karaoke

Suasana yang nyaman, membuat kelas karaoke terasa lebih spesial dan menyenangkan. Kelas yang diperuntukkan untuk semua usia dalam bentuk group dan privat.

Program pembelajaran meliputi teori, teknik vokal, gerak, dan performance, setiap ruang kelas diperlengkapi dengan piano maupun karaoke audio system.

Secara berkala dilakukan performance dan ikut serta dalam lomba baik di dalam maupun di luar sekolah.

Materi Pembelajaran Karaoke :

1. Teori

2. Teknik Vokal

3. Dance

4. Performance 

Kawai Vocal

Metode pengajaran dalam kelas ini adalah mencakup teori dan teknik vokal, pernapasan, vocal building, replacement voice, dengan lagu-lagu pop Indonesia, pop barat, dan art song sehingga siswa mampu bernyayi dengan baik dan menghasilkan suara yang indah.

Program tersedia bagi anak-anak hingga dewasa dalam kelas privat mauun group, setiap kelas di lengkapi dengan piano maupun keyboard.

Secara berkala dilaksanakan ujian kenaikan tingkat, konser, baik di dalam maupun di luar sekolah.

Metode pembelajaran Vokal Class :

1. Singing Positioan

2. Rhythm Feeling

3. Breath Control

4. Replacement Voice

5. Vocal Building

6. Interpretation

7. Performance 

Kawai Basic Music

Program ini dihadirkan untuk menumbuh kembangkan kecintaan anak terhadap musik serta mengarahkan sesuai dengan bakat dan kemampuan musiknya.

Siswa akan belajar untuk mengenal berbagai alat musik secara mendasar serta belajar membaca notasi musik dengan mudah dan menyenangkan.

Proses belajar mengajar sangat menarik, tidak hanya belajar memainkan alat musik, tetapi dikemas dalam berbagai kegiatan aktif seperti story telling, games, music theory, singing & body movement serta bermain keyboard maupun perkusi secara ensemble sehingga siswa dapat belajar bermain musik dengan ceria tanpa paksaan.

Secara berkala diadakan ujian kenaikan tingkat dan konser di dalam maupun di luar sekolah.

Kawai Keyboard

Program kelas privat untuk anak hingga dewasa. Materi pembelajaran dengan metode pengajaran khusu yang mempelajari keyboard solo, syntheizer maupun sebagai keyboardist dalam group band.

Siswa juga belajar teknik improvisasi dan dilatih untuk memainkan keyboard dan mengembangkan kemampuan dalam pengetahuan dasar musik, mengoperasikan alat dan fungsinya dengan baik dan benar serta cara bermain musik yang menyenangkan.

Secara berkala dilaksanakan ujian kenaikan tingkat, konser, master class baik di dalam maupun di luar sekolah.

Materi Pembelajaran Keyboard Class :

1. Notation

2. Improvisation

3. Scale

4. Chord Progression

5. Auto accompaniment

6. Performance

7. Harmony & Melody Hearing Sight

Kegiatan


    Belum ada kegiatan lembaga kursus saat ini

Top