Program






Gali Bakat dan Minat dengan IONs Potential Detection

Sejak usia dini, bakat, minat dan potensi anak bisa diketahui untuk menentukan jurusan atau bidang studi yang sesuai. Hal ini memudahkan anak untuk melangkah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Jangan sampai orangtua memaksakan kehendaknya kepada anak untuk mengikuti jejak karier mereka sehingga jurusan pendidikan pun harus sama. Jika pendidikan tak sesuai dengan bakat, minat, dan potensi anak, dikhawatirkan dia tidak bisa survive. Pendidikannya pun bisa terganggu di tengah jalan.

"Bantuan independent evaluator seperti seorang psikolog, orangtua akan mengerti bahwa bakat, minat, dan potensi anak perlu diukur sebelum memilih jurusan atau bidang studi tertentu bagi masa depannya. Dengan mengikuti tes psikologi dan konsultasi maka dapat mengarahkan pendidikan anak lebih tepat sesuai dengan potensi dan karakter masing-masing anak. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan belajar anak agar dapat belajar efisien sehingga dapat lebih berprestasi sesuai keinginan dan kemampuan," kata Tatiana Esti Astuti, Direktur IONs International Education.

Setiap anak dilahirkan menjadi Bintang

Kesadaran para orangtua untuk mengetahui bakat, minat, dan potensi anak diapresiasi banyak institusi pendidikan baik formal maupun nonformal. Banyak sekolah yang menyediakan psikolog untuk mengetes calon siswanya. Demikian pula dengan lembaga pendidikan nonformal yang kini membuka jasa layanan psikologi, khususnya di bidang psikologi pendidikan. Mereka melakukan sesi wawancara untuk penelusuran bakat, minat, dan karakter siswa, mengoptimalkan prestasi belajar siswa, dan persiapan masuk sekolah melalui psikotes dan konsultasi.

Salah satu lembaga pendidikan nonformal yang membuka kelas konsultasi psikologi pendidikan adalah IONs International Education. Lembaga pendidikan yang berada di Jalan C. Simanjuntak No. 50, Terban, Jogjakarta ini membuka program IONs Potential Detection untuk anak-anak hingga mahasiswa. Menuju tahun ke-5, IONs Potential Detection juga mulai memperluas jenis layanan, yaitu pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan organisasi dalam bentuk kegiatan pelatihan indoor dan outdoor, seleksi calon karyawan, assessment promosi jabatan, maupun pembenahan organisasi.

Tatiana menuturkan jika pihaknya memiliki banyak program, di antaranya program psikotes dan konsultasi. Program ini ditujukan bagi siswa SMA/SMK untuk pemilihan jurusan di perguruan tinggi. Kemudian, bagi siswa SMP untuk mengoptimalkan prestasi belajar dan memilih jurusan di SMA maupun SMK. Siswa SD untuk mengenali potensi dan karakter sehingga lebih tepat memberikan stimulasi dalam pembelajaran. Bahkan, untuk siswa TK untuk kesiapan sekolah di sekolah dasar. Program ini juga bisa untuk umum, sehingga orang dewasa bisa mengetahui kesesuaian antara potensi, minat, dan karakter dengan bidang pekerjaan.

"Kami pun memiliki program pelatihan indoor dan outdoor untuk motivasi prestasi siswa, pelepasan emosi siswa maupun karyawan, meningkatkan motivasi kerja karyawan, meningkatkan komunikasi dan kerja sama karyawan, dan menyelesaikan konflik dalam organisasi. Kemudian, program psikotes (tanpa konsultasi) untuk seleksi calon karyawan, untuk promosi jabatan, dan evaluasi kinerja karyawan. Ada pula program konseling (tanpa tes) untuk konsultasi masalah pribadi yang berkaitan dengan emosi, komunikasi, dan hubungan sosial yang kurang harmonis. Terakhir, program asessment potential review industri untuk seleksi karyawan baru dan program asessment potential review untuk placement, evaluasi kinerja, dan promosi jabatan karyawan," urainya panjang lebar.

Khusus untuk anak-anak, ada beberapa syarat umum untuk mengikuti tes, yakni sehat dan siap mengikuti tes. Beberapa tes yang menggunakan verbal terutama bahasa tulisan memiliki syarat dapat membaca, menulis dan berbahasa ibu yaitu bahasa Indonesia. Hal ini dikarenakan Psikotes di Detection menggunakan bahasa Indonesia. Apabila menginginkan laporan dalam bahasa Inggris masih memungkinkan, tetapi menyajikan psikotes dalam bahasa Inggris, IONs Potential Detection belum bisa memfasilitasi. Ada juga beberapa tes yang dapat disajikan secara lisan, menggunakan aktivitas fisik atau tes yang bersifat bebas budaya (culture fair) dan tidak terdapat materi verbal di dalamnya.

Tes terdiri dari tes khusus anak yaitu tes yang digunakan untuk mengetahui perkembangan anak baik dari motorik kasar dan halus, keterampilan sosial, dan bahasa. Tes Inteligensi atau yang secara awam orang mengenal sebagai tes IQ, yaitu tes untuk mengetahui kecerdasan umum seseorang. Meskipun tidak semua tes inteligensi menghasilkan angka IQ, tetapi dapat menggambarkan kategori kecerdasan seseorang dibandingkan dengan orang seusianya. Tes Bakat (aptitude test) adalah tes kemampuan khusus, misalnya kemampuan bahasa, kemampuan penalaran, kemampuan bangun ruang, kemampuan berhitung, dan kemampuan mekanis.

"Tes minat untuk mengungkap minat seseorang pada bidang tertentu. Tes kepribadian untuk mengungkap kepribadian seseorang berdasarkan tipe karakter, tipe kebutuhannya, ataupun kematangan emosi dan sosialnya. Tes sikap kerja untuk mengungkap kemampuan seseorang menampilkan diri dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaan, seperti ketelitian, kecepatan, ketahanan, dan keajegan hasil yang diberikan. Terakhir, tes gaya belajar untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki anak dan strategi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan hasil belajar sesuai gaya belajar anak," jelas Tatiana.

Pilihan tepat kenali diri

IONs Potential Detection pun sangat selektif memilih psikolog yang mengasuh program ini. Psikolog dan konselor psikologi di Detection adalah alumni dan mahasiswa tingkat akhir Magister Profesi Psikologi dari Fakultas Psikologi Universitas terkemuka, baik dari universitas negeri maupun swasta (80% dari Universitas Gadjah Mada / universitas negeri favorit).

Tatiana menuturkan jika para psikolog dan konselor di Detection telah diseleksi dengan ketat untuk keterampilan psikologisnya dan telah mengikuti pelatihan up grading yang meliputi materi customer service, grooming, dan public speaking sebelum terjun memberikan layanan pada klien. Dengan demikian, para psikolog dan konselor di Detection dapat memberikan layanan yang excellent kepada para klien. Selain itu psikolog dan para konselor di Detection juga sangat menjunjung kode etik psikologi dalam memberikan layanan sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan menjamin confidentialitas.

"Sesi konsultasi di IONs Potential Detection hanya satu kali di setiap paketnya. Sedangkan untuk paket psikotes adalah satu rangkaian psikotes yang dapat disajikan satu hingga tiga kali pertemuan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan klien dari fasilitas tiga kali konsultasi. Durasi satu kali pertemuan untuk konsultasi antara 60-90 menit," kata Tatiana.

Mengingat pentingnya tes bakat, minat, karakter dan potensi anak, maka siapa saja yang mengikuti tes ini hendaknya mendapatkan the right place. Yakni tempat yang qualified untuk menganalisa minat, bakat, karakter dan potensi yang dimiliki sang anak. Satu hal yang harus diingat oleh orangtua adalah bahwa kecerdasan minat dan bakat belum tentu sama antara orangtua dan anak oleh karena itu ada baiknya orangtua memberi kebebasan kepada anak untuk melanjutkan pendidikan sesuai apa yang dia suka.



DETECTION

Detection merupakan lembaga psikologi yang berfokus pada kesuksesan prestasi belajar siswa. Untuk meraih prestasi belajar yang cemerlang ada beberapa faktor yang mempengaruhi yaitu potensi kecerdasan umum, karakter atau sifat, minat, dan usaha. Detection menyediakan layanan psikologis berupa asesmen psikologi, konsultasi, dan training untuk optimalisasi aspek-aspek psikologis yang ada dalam diri siswa. Potensi kecerdasan siswa bisa difasilitasi dengan mengikuti lembaga bimbingan belajar.

Detection dengan paket-paket pelayanan psikologis yang sudah disusun sedemikian rupa, dapat membantu siswa untuk lebih mengenal karakter diri, sifat, kebutuhan dan minatnya. Setelah itu siswa akan mendapatkan konsultasi atau training bagaimana mengembangkannya. Harapannya, dengan mengikuti paket pelayanan psikologis di Detection, maka siswa akan dapat mengoptimalisasikan aspek psikologi lain yang ada dalam dirinya sehingga prestasi belajarnya dapat lebih cemerlang.

PELAYANAN

1. Asesmen Psikologi Detection :

    • Character Screening

    • Wawancara & Observasi (Individu & Kelompok)

    • Tes Kecerdasan Umum (IQ)

    • Karakter

    • Kecerdasan Majemuk

    • Bakat

    • Gaya Belajar

    • Kesesuaian Disiplin Ilmu (IPA, IPS, Bahasa)

    • Kesesuaian Jurusan Kuliah

    • Kecerdasan Umum

    • Individual

    • Kelompok

    • Keluarga

    • Memilih Jurusan

    • Motivasi

    • Laboratorium Komputer

    • Ruangan AC

    • Booklet Soal

    • Alat Tulis

    • Lembar jAWAB komputer

    • Hasil Tes

2. Program Analisa :

3. Hasil Tes & Konsultasi :

4.Training :

FOKUS PROGRAM

  • SMA/SMK : PENJURUSAN DAN PEMILIHAN JURUSAN MASUK PERGURUAN TINGGI

  • SMP   : MOTIVASI BELAJAR, OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR, PREDIKSI BAKAT

  • SD              : STIMULASI BELAJAR

FASILITAS

Komputer terbaru berbasis touch screen up to 8Gb dengan kapasitas Harddisk 1Tb yang dapat melakukan akses internet dan wifi. Disertai juga dengan aplikasi yang untuk mendukung tes ini.

Ruangan yang dipergunakan untuk tes, baik kelas maupun laborator ium sudah dilengkapi AC, agar para peserta merasa nyaman saat mengerjakan tes.

Soal yang dibuat dengan ukuran A4 dan dengan ukuran huruf yang nyaman dipandang mata bila saat dibaca.

Disediakan untuk kelangsungan tes berupa pensil 2B, Ballpoint, Penghapus, Kertas, dll.

LJK untuk mempermudah dalam koreksi hasil dari peserta. Hasil tes berupa poin-poin mengenai karakter peserta.

PROGRAM Konseling Individual

Konseling individual dapat dilakukan khususnya untuk sesi kedua setelah sesi konseling kelompok yang menjadi satu paket dengan asesmen. Konseling individual ini dapat dilakukan dengan waktu perjanjian. Dalam konseling individual, klien dapat lebih leluasa mengemukakan pikiran dan perasaan kepada psikolog.

Difasilitasi dengan ruangan yang nyaman dan privat sehingga membuat klien lebih aman dan nyaman dalam berkonsultasi karena privasinya terjamin. Konselor juga menggunakan media yang membuat konseling lebih hidup, misalnya memutarkan video motivasi belajar, menggunakan catur untuk mengetahui persepsi anak dan lingkungannya, ataupun poster-poster bergambar yang menarik bagi anak.

FOKUS PROGRAM

  • SMA/SMK   : PENJURUSAN DAN PEMIIHAN JURUSAN MASUK PERGURUAN TINGGI

  • SMP             : MOTIVASI BELAJAR, OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR, PREDIKSI BAKAT

  • SD                : STIMULASI BELAJAR

PROGRAM SD (Stimulasi Belajar)

Kebutuhan psikologis siswa SD adalah memberikan stimulasi belajar yang tepat sehingga belajar menjadi aktivitas yang menyenangkan, layaknya bermain bagi anak. Usia anak SD sebetulnya belum dituntut untuk berprestasi secara akademik, namun bagaimana mereka belajar dari lingkungan, belajar mengenal konsep-konsep secara menyenangkan dan menarik bagi anak.

Untuk program ini diberikan pemeriksaan (asesmen) psikologis berupa tes kecerdasan umum (IQ) dan tes kepribadian anak untuk mengetahui persepsi anak terhadap diri dan lingkungan sekitarnya. Dengan demikian, orangtua maupun guru disekolah dapat memberikan stimulasi belajar yang tepat sesuai dengan potensi dan karakter anak.

Setelah diperoleh hasil pemeriksaan psikologis dilakukan konseling orangtua siswa.

PROGRAM SMP (Optimalisasi Prestasi Belajar)

Kebutuhan psikologis siswa SMP adalah mengoptimalisasikan prestasi akademik. Usia SMP sudah mulai dapat diajak mempertimbangkan sesuatu dan menentukan target diri. Dengan demikian siswa SMP idealnya sudah bisa diberi target prestasi akademik.

Untuk program ini diberikan pemeriksaan (asesmen psikologis) berupa tes kecerdasan umum (IQ) untuk mengetahui potensi kecerdasan umum dan tes skrining karakter untuk mengetahui karakter siswa yang bersangkutan. Berdasarkan tes skrining karakter tersebut diberikan prediksi gaya belajar, prediksi bakat,dan prediksi kecerdasan majemuk bagi siswa yang bersangkutan. Dengan demikian, siswa dapat lebih diarahkan gaya belajar dan bakatnya sehingga prestasinya dapat lebih optimal.

Setelah diperoleh hasil pemeriksaan psikologis dilakukan konseling orangtua siswa secara berkelompok.

PROGRAM SMA / SMK

Kebutuhan psikologis siswa SMA/ SMK adalah memilih jurusan baik IPA/IPS (di sekolah SMA) ataupun memilih penjurusan di perguruan tinggi setelah lulus SMA/SMK.

Untuk program ini diberikan pemeriksaan (asesmen) psikologis berupa tes skrining karakter untuk mengetahui karakter siswa. Berdasarkan tes skrining karakter tersebut diberikan prediksi penjurusan di perguruan tinggi yang tepat bagi siswa yang bersangkutan.

Setelah diperoleh hasil pemeriksaan psikologis dilakukan konseling bagi siswa secara berkelompok.

KEUNGGULAN

  • Program Detection disusun dengan kaidah ilmu psikologi yang benar.

  • Detection menjaga kerahasiaan identitas dan data klien.

  • Detection mengutamakan kenyamanan dan privasi klien.

  • Detection mempunyai ruang konsultasi yang nyaman dan memfasilitasi privasi klien.

  • Rangkaian pelayanan program Detection disusun sedemikian rupa sehingga hasilnya dapat cepat diperoleh klien.

  • Klien mendapatkan Hasil Pemeriksaan Psikologis Tertulis. Pelayanan didukung dengan teknologi yang mutakhir. Bagi siswa di luar kota, proses konsultasi dapat dilakukan secara online dengan sms atau media sosial yang akan direspon cepat oleh psikologi Detection. 

FASILITAS KONSELING

  • RUANG KONSELING
  • KONSELING INDIVIDU / KELUARGA
  • KONSELING KELOMPOK
Ruangan yang diatur agar terasa menyenangkan agar kebersamaan dalam kelompok itu terasa lebih erat dan tetap rileks.

 

Ruangan yang dipergunakan konseling dilengkapi AC agar para   peserta dapat merasa nyaman saat proses konseling berlangsung.

Ruangan yang disediakan nyaman dan memfasilitasi privasi klien, sehingga klien dapat lebih nyaman dalam berkonsultasi.

Kegiatan


Top