Program






Mandarin, Bahasa Masa Depan

Belajar bahasa asing kian menjadi tren tersendiri di Indonesia. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh CBI Education & Skills Survey terkait bahasa yang berguna untuk dipelajari, rupanya bahasa Mandarin menempati urutan keempat dari 10 bahasa asing lainnya.

Bahasa resmi yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat daratan Tiongkok ini memang menjadi salah satu bahasa yang penting untuk dipelajari. Tak hanya di tanah air, nyaris di seluruh dunia bahasa resmi negara yang memiliki rakyat terbesar di dunia dengan kehidupan ekonomi yang bergerak dinamis ini sudah dipelajari oleh anak-anak sejak usia dini. Biasanya, beberapa sekolah tertentu tak hanya mengajarkan bahasa Inggris saja tapi juga melengkapinya dengan bahasa Mandarin.

Siap menghadapi Ekonomi Global

"Seiring dengan majunya kondisi ekonomi di Asia dibanding Eropa dan Amerika khususnya negeri Tiongkok, bahasa Mandarin merupakan bahasa yang menjadi pemegang esensi penting untuk berbisnis di Asia, khususnya dengan Tiongkok, Hongkong, dan Singapura. Dalam lingkup yang lebih kecil, di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dengan menguasai bahasa Mandarin maka kita akan mempunyai modal yang kuat untuk masa depan agar bisa survive," terang Direktur IONs International Education, Tatiana Esti Astuti.

Menurutnya, masyarakat Indonesia harus siap untuk bersaing dengan warga negara tetangga dengan kemampuan yang kompetitif. Apalagi diprediksi ke depan Tiongkok akan menjadi negara dengan ekonomi nomor 1 di dunia, maka bahasa Mandarin mutlak wajib dikuasai dari sekarang, kuasai bisnis masa depan kuasai bahasa Mandarin. Bagi para mahasiswa, kemampuan berbahasa asing menjadi suatu keharusan. Bukan hanya bagi mereka yang mengambil studi ilmu kebahasaan (linguistik), melainkan juga mereka yang mempelajari ilmu lainnya. Menguasai bahasa asing sangat bermanfaat untuk memahami diktat, buku dan materi yang tidak semuanya ditulis dalam bahasa Indonesia.

Melihat peluang tersebut, IONs International Education yang dikenal sebagai salah satu lembaga kursus bergengsi pun membuka kelas khusus bahasa Mandarin. Di lembaga kursus yang berlokasi di Jalan C. Simanjuntak No. 50, Terban, Jogjakarta inilah kelas bahasa Mandarin dikelola secara profesional. IONs International Education melengkapi berbagai fasilitasnya seperti pengajar native speaker dari Tiongkok, program yang sistematis dari tingkatan dasar sampai tingkatan mahir juga evaluasi berkala untuk memantau perkembangan siswanya.

"Sistem pendidikan yang kami gunakan berfokus pada 4 kemampuan dasar dalam berbahasa, yakni reading, writing, listening dan grammar yang bersertifikasi pada HSK dan YCT, dimana dua tes tersebut diakui secara internasional. Para pengajar, baik lokal ataupun native speaker dari Tiongkok yang mempunyai pengalaman yang kuat dalam pengajaran bahasa Mandarin dan dikelola oleh manajemen secara profesional," papar Tatiana.

Bahasa dan Budaya sebagai bekal masa depan

Tidak seperti lembaga kursus lainnya, para siswa kelas True Mandarin di IONs International Education tidak hanya mempelajari bahasanya saja, namun juga budaya dan kebiasaan yang ada di Tiongkok. Hal ini dikarenakan hampir semua pengajar adalah native speaker yang sudah pernah tinggal di Tiongkok untuk studi maupun bekerja. True Mandarin juga menyediakan program sesuai untuk kebutuhan, seperti Mandarin for conversation atau Mandarin for business, Mandarin for travelling juga untuk persiapan studi di Tiongkok dan hanya di IONs International Education yang menyediakan pendukung dan fasilitas lengkap yang berstandar internasional.

True Mandarin membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menguasai bahasa Mandarin. Baik yang baru belajar dari dasar dan sudah lancar, atau bagi mereka yang sedang mempersiapkan diri untuk studi di Tiongkok, Hongkong atau Singapura. Bahkan bagi para pengusaha yang sedang menyiapkan diri untuk menghadapi bisnis masa depan di era globalisasi, mereka bisa belajar di True Mandarin.

"Para siswa bisa mengambil program sesuai usia dan kebutuhannya. Kami memiliki kelas True Kids ; untuk anak anak usia 5 - 12 tahun, True Teens; untuk remaja usia 12 - 18 tahun, True Adults; untuk umum dan program kelas private bagi siswa yang ingin intens dalam belajar bahasa Mandarin. Kami membuka kelas mulai pukul 09:00 WIB dan kelas terakhir maksimal 21:00 WIB," ujar Tatiana.

Beberapa tes akan dilakukan oleh calon siswa untuk mengetahui kemampuan mereka diantaranya, placement test untuk mengukur level yang tepat masuk pertama kali, dengan tujuan siswa bisa belajar secara efektif. Kemudian progress test untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang sedang berlangsung. Kemudian tutorial untuk mengganti kelas yang terlewat dikarenakan siswa berhalangan hadir karena sakit atau hal lain. Terakhir conversation rutin dengan native speaker untuk memperlancar bicara dengan bahasa Mandarin, juga tes resmi HSK dan WCT untuk mengukur kemampuan bahasa Mandarin secara menyeluruh.

IONs International Education tidak setengah-setengah dalam membuka True Mandarin Course. Berbagai fasilitas pendukung disiapkan demi kenyamanan dan kelancaran belajar para siswa. Menurut Tatiana, pihaknya telah menyiapkan gedung pendidikan modern empat lantai yang nyaman dan didesain dengan teknologi informasi terbaru dan tercanggih, ruang kelas yang ditunjang multimedia lengkap berisi meja, kursi, door access, smartboard, glassboard, LCD Projector, laptop Mac, CCTV dan AC.

"Kami juga menyediakan Smartcard, sebuah kartu identitas siswa yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh fasilitas yang ada di IONs International Education seperti door access, laboratorium komputer, perpustakaan, pembayaran di canteen dan free parking ticket. Kami melengkapi fasilitas lain dengan menyediakan display center, sebuah media informasi yang menampilkan jadwal, ruang kelas, pengajar dan semua program yang ada, laboratorium komputer dan sebagainya. Semua demi kenyamanan para siswa," terang Tatiana.



TRUE KIDS

  • PG & TK
Program khusus untuk anak usia 3-5 tahun. Dengan menggunakan metode pembelajaran khusus untuk anak-anak menjadi lebih muda memahami dan menyenangi belajar Bahasa Mandarin.

  • SD 1,2,3
Program ini diperuntukkan bagi anak-anak setingkat SD kelas 1,2 dan 3 dengan metode yang menyenangkan dan sistem bertingkat dari pemula hingga menengah. Selain menulis, membaca dan percakapan sehari-hari juga dikenalkan dasar-dasar kebudayaan dan cerita sederhana tentang Cina.

  • SD 4,5,6
Program ini diperuntukkan bagi anak-anak setingkat kelas 4,5, dan 6 dengan metode yang menyenangkan dan sistem bertingkat yang terdiri dari pemula hingga menengah. Selain percakapan sehari-hari juga mempelajari kebudayaan Cina, sehingga siswa dapat menguasai Bahasa Mandarin baik percakapan, membaca, maupun menulis dengan baik.

TRUE YOUNG

  • SMP 1,2,3

Program belajar untuk remaja setingkat SMP dengan metode yang disesuaikan dengan sistem bertingkat dari pemula hingga menengah. Tercakup didalamnya mempelajari kebudayaan Cina, dengan contoh dalam keseharian, sehingga siswa mampu menerapkan secara langsung dalam percakapan sehari-hari dengan Bahasa Mandarin.

  • SMA 1,2,3

Program belajar untuk remaja setingkat SMA dengan metode yang disesuaikan dan sistem bertingkat dari pemula hingga menengah. Memfokuskan pada tujuan masa depan siswa, seperti melanjutkan kuliah atau bekerja dengan Bahasa Mandarin. Selain bahasa juga mempelajari sejarah, kisah legenda dan puisi dari Negara Cina.

TRUE ADULT

  • Basic
Program  yang diperuntukkan bagi dewasa ( mahasiswa dan umum ) dengan metode pembelajaran yang praktis bagi pemula, yang terdiri dari 6 tingkatan untuk pemula, sehingga memudahkan untuk memahami dan mempraktekkan Bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari.

  • Mandarin Intermediate
Program yang lebih memfokuskan kepada praktek berbicara serta penulisan Bahasa Mandarin secara baik dan benar dan menguasai Bahasa Mandarin minimal setara level 4 HSK.

  • Mandarin Advance
Program Bahasa Mandarin yang memfokuskan kepada tingkatan profesional.

  • Mandarin Chinese Culture
Program yang memfokuskan untuk mempelajari mengenai sejarah budaya serta kehidupan sosial mandarin.

  • Mandarin for Bussiness
Program yang terdiri dari 4 tingkatan dirancang untuk para profesional yang ingin mendalami Bahasa Mandarin yang biasa digunakan dalam berbisnis sehingga memudahkan komunikasi dalam memperlancar bisnis yang dilakukan.

Program Khusus

  • Program Kuaile Hanyu
Program yang diperuntukkan bagi siswa TK ,SD,SMP,SMA,Mahasiswa yang memfokuskan pada buku pelajaran yang digunakan di sekolah. Tujuan program ini adalah membantu siswa memahami materi pembelajaran disekolah dengan cepat, mudah dan menyenangkan.

Kegiatan


  • Happy Hour Kids

    Setelah beberapa waktu lalu kelas dewasa mengadakan kegiatan “ Happy Hour “ yakni variasi kelas  yang di kemas dalam pembelajaran…

  • Happy Hour

    Kamis, 7 Agustus 2014 yang lalu, beberapa siswa dari kelas True Mandarin mengikuti kegiatan “ Happy Hour “ yakni variasi…

  • Trial Class Mandarin

    Antusias siswa untuk belajar bahasa Mandarin mulai meningkat. Berbagai alasan disampaikan siswa saat ingin mempelajari bahasa Mandarin seperti di sekolah…

Top